16th Oktober 2017

Bisbul Dari Negeri Lumbung Padi!

Buah bisbul (Diospyros blancoi A. DC) atau buah mentega, siapa yang mengenal buah ini? Unjuk tangan! Buah yang hampir menyerupai buah kesemek ini tidak sedikit loh yang tidak tahu! Kenapa? Karena banyak dari masyarakat yang tidak membudidayakan nya sehingga buah dan pohon bisbul semakin langka dan sulit ditemukan. Ck, padahal buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan loh, teman! Selain buah nya yang bermanfaat, batang dari pohon bisbul bisa juga untuk dibuat bahan kerajinan tangan.

Nama bisbul sendiri diambil karena bentuknya yang menyerupai bola baseball loh! Dan nama mentega, karena buah bisbul itu sendiri akan berbau dan berbentuk seperti mentega jika sudah masak. Lembut teksturnya, dan rasanya manis.

Buah mentega ini memiliki ukuran diameter sebesar 12 cm, dengan kulit buah yang berbulu halus dan berwarna merah. Warna buah bisbul juga terbilang unik. Pada awalnya, buah bisbul akan berwarna coklat kemerahan serupa dengan pohon nya yang berangsur akan berubah menjadi warna merah terang. Jika sudah matang, warna merah terang tadi akan sedikit mengusam. (cr: pojokbuah.blogspot)

Asal-Usul Tanaman
Tanaman ini termasuk keluarga eboni (suku Ebenaceae), yang banyak dari anggotanya memiliki kayu yang berwarna hitam atau kehitaman. Tidak jarang, kelompok ini dikenal sebagai kayu arang atau arang-arang.

Bisbul berasal dari Filipina. Di sana ia ditemukan hidup liar di hutan-hutan primer dan sekunder dan juga dibudidayakan di pekarangan. Kini bisbul telah menyebar di berbagai negeri tropis, termasuk Indonesia dan salah satunya terdapat di Bogor.

Hasil dan kegunaan
Bisbul tumbuh dengan baik di daerah tropika beriklim muson, pada berbagai jenis tanah sampai dengan ketinggian 800 m dpl. Di Filipina, bisbul berbuah antara Juni-September namun di Bogor buah telah dapat dipetik antara Maret-Mei.

Pohon ini terutama ditanam untuk buahnya, yang dapat dimakan segar atau sebagai campuran minuman dan rujak. Kayunya berkualitas baik, coklat kemerahan hingga hitam, bertekstur halus, kuat dan keras. Di Filipina (dinamai kamagong) merupakan bahan kerajinan yang berharga dan dilindungi oleh undang-undang.
Karena tajuknya yang bagus, pohon bisbul juga kerap ditanam di taman-taman dan tepi jalan.
(Cr: wikipedia)

Mau tahu apa khasiatnya bagi tubuh? Berikut adalah lima khasiat buah bisbul bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir organicfacts.

1. Kesehatan jantung
Buah mentega mengandung banyak kalium yang dapat membantu merenggangkan pembuluh darah, mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan menurunkan tekanan darah.
Kandungan serat yang melimpah pada buah ini juga bisa menurunkan kolesterol, sehingga dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis, bekuan darah, serangan jantung, dan stroke. Anda bisa mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

2. Menjaga sirkulasi darah
Kandungan zat besi yang melimpah dalam bisbul dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Zat besi juga bisa meningkatkan oksigenasi jaringan penting dan kelompok otot, merangsang pertumbuhan rambut, mempercepat proses penyembuhan sel-sel, dan meningkatkan efisiensi metabolisme. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan sirkulasi darah, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah langka ini.

3. Kesehatan pencernaan
Kandungan serat yang ditemukan pada bisbul dapat membantu meningkatkan proses pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Dalam pengobatan tradisional Filipina, bisbul sering dipakai untuk menyembuhkan disentri dan diare.

4. Meningkatkan kesehatan pernapasan
Di Filipina, buah ini juga sering digunakan untuk meredakan batuk, sesak di dada, dan asma. Hal itu kemungkinan besar karena tingginya kandungan vitamin dan mineral pada bisbul, yang juga berkontribusi terhadap peningkatan sistem kekebalan tubuh.

5. Sistem kekebalan tubuh
Buah bisbul kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan dapat melawan radikal bebas yang dapat bermutasi atau membunuh sel-sel sehat di tubuh. Kedua vitamin itu juga dapat mencegah penuaan dini, merangsang pertumbuhan, dan meningkatkan kesehatan kulit. (Cr: merdeka.com)

Selain manfaat diatas, bisbul juga dapat menghaluskan kulit, menjaga kesehatan mata, masalah penyakit perut lainnya.
Sebenarnya masih banyak sekali manfaat dari si buah langka ini. Sayang nya, buah yang begitu banyak manfaatnya harus kian makin langka karena semakin sedikit yang membudidayakan nya dan hanya ada di daerah tertentu saja.

Itu hanya sedikit info tentang buah Bisbul atau buah mentega. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita ya, Terima kasih!

Ditulis Oleh Ni Putu Ayu Andini (Mahasiswa Politeknik Meta Industri Cikarang)

Satu tanggapan untuk “Bisbul Dari Negeri Lumbung Padi!

Komentar ditutup.