Teknologi Yang Tidak Diakui

Oleh : Annisa Dwi Meiruwi

Teknologi adalah salah satu perkembangan zaman dalam bentuk teknis yang mengacu kepada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Banyak Sekali persepsi tentang apa yang akan di rancang di masa depan dengan mengatas namakan teknologi. Namun dari sisi pendapat tersebut ada yang dapat di benarkan dan ada juga yang hanya sebatas opini.

Dari sejarah terdahulu, perkembangan teknologi sangatlah berhubungan satu sama lainnya, terdapat banyak tonggak perkembangan teknologi yang mengacu kepada teknologi saat ini. Yang pertama kali adalah temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875 berupa jaringan komunikasi yang menggunakan kabel.

Setelah temuan itu banyak temuan-temuan baru hingga saat ini dan yang paling menonjol saat ini adalah internet 4G, temuan 4G tersebut sebenarnya di temukan oleh orang indonesia hanya saja keberadaan akan jaringan mewah tersebut tidak di akui oleh Kepemerintahan di Indonesia.

Teknologi di indonesia terbilang cukup maju dan berkembang sangat pesat, dikarenakan banyak nya trobosan baru oleh para terampil yang mampu menguasai banyak bidang teknologi di indonesia ini, hanya saja pengakuan oleh pemerintah yang tidak mendukung akan adanya teknologi baru tersebut.

Contoh kasus kedua tentang pesawat yang di rancang oleh Bapak Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharudin Jusuf Habibie (Presiden Ketiga RI) begitu bagusnya trobosan dari apa yang di rancang oleh beliau, tetapi masyarakat Indonesia sama sekali tidak perduli akan apa yang di buat oleh beliau, bukannya mendukung malah mencaci maki apa yang telah di dilakukan oleh beliau demi Negara ini, sangat di sayangkan bukan?.

Seandainya saja pengakuan oleh pemerintah akan karya anak Negeri, mungkin Indonesia akan menjadi urutan pertama Negara paling maju di Dunia, tanpa menggunakan produk-produk Luar Negeri. Indonesia adalah negeri yang sangat kaya akan ke aneka ragaman laut dan daratnya, sangat luas wilayah daratan Indonesia begitu juga dengan Lautnya yang kaya akan fauna dan biota lautnya.

Teknologi saat ini dapat berkembang sangat pesat di Indonesia hanya saja perlu pembenaran akan kepemerintahan nya. Teknologi saat ini sudah dapat di genggam dengan mudah oleh semua kalangan masyarakat tanpa harus mencari tahu bagaimana mewujudkan apa yang di lakukan kedepan dengan mengatas nama kan teknologi tersebut.

Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus pandai dalam mengelola teknologi yang ada, tidak hanya memanfaatkan fasilitas yang ada saat ini akan tetapi kita juga harus mencari tahu akan seperti apa teknologi di masa yang akan datang, demi memajukan bangsa ini kita harus pandai dengan mengelola sistem informasi agar tidak selalu menjadi negara yang tertinggal,

Banyak temuan baru yang akan di akui oleh bangsa ini di masa yang akan datang, hanya saja kita harus membuktikan bahwa teknologi yang di ciptakan oleh generasi penerus bangsa saat ini jauh lebih baik dari pada teknologi buatan orang Asing.

Terlebih lagi hal yang harus di ingat adalah saat ini kita berada pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) / AEC (Asean Economic Community) 2015 yaitu proyek yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas ekonomi antar Negara. Dengan berawalnya MEA pada akhir tahun 2015, maka Indonesia akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi, dan tenaga kerja terdidik dari dan ke masing-masing negara.

Dalam hal ini, yang perlu dilakukan oleh Indonesia adalah bagaimana Indonesia sebagai bagian dari komunitas ASEAN berusaha untuk mempersiapkan kualitas diri dan memanfaatkan peluang MEA 2015, serta harus meningkatkan kemampuan diri untuk dapat bersaing dengan Negara anggota ASEAN lainnya sehingga ketakutan akan kalah saing di negeri sendiri akibat terimplementasinya MEA 2015 tidak akan terjadi.

Penulisa Adalah Mahasiswa Politeknik Meta Industri Cikarang